Minggu, 01 Juli 2012

Sejarah Raja Sejo

ALL ABOUT KOREA
CATEGROY: KOREA HISTROY

King Sejo di Princess Man
Raja Sejo, raja ke-7 Joseon ini tidak lain tidak bukan adalah P.Suyang ayah Se Ryung dlm drama fiksi Princess Man . Dia adalah adik dari raja Munjo , raja ke- 5 Joseon dan paman Raja Danjong, raja ke-6 Joseon. 1455–1468

Raja Sejo
Sebenarnya banyak legenda" tentang Raja Sejo ini . Tapi kita sekarang bahas ttg sejarahnya dulu aja ya ;)  Nah Raja Sejo ini sbnrnya memang digambarkan memliki karakter kejam dalam drama Princess Man . Sejarah pun berkata kyk gitu jg .

Sejo berusaha merebut tahta dari keponakannya , Danjong yang saat itu berusia 12 tahun  menggantikan ayahnya, Raja Munjong yang sakit dan meninggal. Saat itu Raja baru masih terlalu muda untuk memerintah negara, dan seluruh proses politik dikontrol oleh Perdana Menterinya Hwang Bo In  dan Jenderal Kim Jong Seo  yang saat itu adalah wakil Perdana Menteri.

Suyang akhirnya mengambil takta dari Raja Danjong ( Kasian juga anak ini ) . Ia menurunkan Danjong dan setelah itu mengirim utusan untuk menyuruh Danjong bunuh diri dengan minum racun di kediamannya , Gwanpungheon. .
Parahnya untuk membuat kejadian ini spt kecelakaan Sejo ia mengurung Danjong dan membuat kebakaran dengan cara memanaskan pemanas lantai, ( lupa namanya apa ) . Untuk memperingati hari itu diadakan Festival untuk memperingati Danjong .


Tapi Sejo ini mengkukuhkan monarki yang didirikan oleh Raja Taejong  dengan melemahkan kekuasaan perdana menteri dan membawa staf langsung di bawah kontrol raja. Ia juga menguatkan sistem administratif, yang mana juga diperkenalkan oleh Taejong, memungkinkan pemerintah untuk menentukan jumlah populasi yang tepat dan efektif untuk memobilisasikan pasukan secara efektif. Ia juga merevisi aturan-aturan dasar untuk meningkatkan perekonomian nasional. Ia  mengeksekusi sarjana dari era Raja Sejong untuk pemberontakan melawannya, namun mendukung publikasi buku-buku sejarah, ekonomi, pertanian, dan agama. Yang lebih penting lagi, ia mengkompilasi kode besar untuk administrasi negara, yang menjadi landasan pemerintahan dinastik dan menyediakan bentuk pertama hukum konstitusional di dalam bentuk tertulis di Korea.( Sumber dari Wikipedia )

Sejo akhirnya wafat 1648 dan anaknya Raja Yejong  meneruskan takthanya.

Istri :
 Ratu Jeonghui
Selir Geun

Anak :
P. Uigyeong
P. Haeyang
P.Deokwon
P. Changwon
Puteri Uisook

( Gak ada Se Ryung karena sbnrnya Se Ryung hanya merupakan karakter fiksi ) .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar